logo website tulismenulis.com header 2
Edit Content

Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Tips Hamil Nyaman Dengan Pakaian Yang Tepat

pakaian dalam ibu hamil yang nyaman

Saat hamil, kenyamanan menjadi nomor satu yang sangat diperlulan bagi seorang perempuan. Karena, tubuh kita sedang menyesuaikan dengan banyaknya perubahan yang terjadi dalam waktu yang relatif singkat. Bayangkan saja, selama 9 bulan 10 hari, perut perempuan tak hanya membesar beserta berat badan yang terus bertambah, berbagai hormon yang bekerja juga seringkali mempengaruhi mood.

Pakaian menjadi hal yang paling perlu diperhatikan untuk menemani masa-masa kehamilan. Pakaian ini bertujuan untuk membuat perempuan merasa senyaman mungkin menjalani kehamilannya. Sehingga kelak, kita bisa mengenang hari-hari tersebut sebagai kenangan manis yang bisa kita ceritakan kepada anak kita; “Eh dulu Mama waktu hamil kamu bahagia lho”. Setiap anak pasti akan senang jika diberi tahu hal tersebut. Dan alangkah baiknya jika hal yang kita katakan tersebut memang benar adanya.

Hamil bisa jadi semenyenangkan itu dengan tips memilih pakaian bumil berikut ini.

Baca Juga: Tips Membeli Baju Anak Untuk New Moms 2023

Pakaian Dalam Ibu Hamil

Pakaian dalam menjadi barang pertama yang seorang perempuan harus perhatikan saat hamil. Karena dengan mengenakan pakaian dalam yang nyaman, hari-hari bumil bisa lebih mudah dan menyenangkan untuk dilalui.

Karena itu, perlu untuk memilih pakaian dalam ibu hamil dengan sebaik-baiknya. Bagaimana pun, pakaian dalam bumil yang sebelumnya akan bertambah ukurannya seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Terlebih ukuran Bra, jadi mau tidak mau bumil harus membeli pakaian dalam yang baru.

Berikut ini tipsnya:

  1. Pilih bahan yang menyerap keringat dan tidak terlalu ketat
  2. Untuk bra, jangan menggunakan yang ada kawatnya karena akan terasa sakit. Bumil bisa menggunakan yang ukurannya pas, tidak sesak tidak juga terlalu longgar.
  3. Bumil bisa memilih bra yang memiliki bukaan untuk menyusui, karena kedepannya bisa dipakai lebih lama.
  4. Usahakan tidak ada renda kasar yang menyakitkan karena bisa membuat iritasi.

Baca Juga: Tips mencegah hospitalisasi pada anak di Rumah Sakit

Pakaian sehari-hari Ibu Hamil

Saat hamil, akan lebih nyaman menggunakan pakaian yang longgar. Namun ada hal-hal yang juga perlu diperhatikan.

Berikut ini tips untuk memilih pakaian sehari-hari untuk ibu hamil:

  1. Pilih pakaian yang berbahan lembut dan menyerap keringat dengan baik. Karena, bumil akan cenderung banyak berkeringat seiring dengan bertambahnya usia kehamilan.
  2. jika ingin menggunakan celana, gunakan celana yang karetnya tidak terlaly ketat karena akan meninggalkan rasa gatal buat ibu hamil.
  3. Untuk baju, bumil bisa membeli pakaian yang ada bukaan depannya, sekaliam investasi untuk masa menyusui di masa yang akan datang.
  4. Daster, daster yang roknya tidak terlalu lebar bisa menjadi pilihan agar tidak menyusahkan bumil saat tidur.

Pakaian Kantor

Ini buat bumil-bumil pekerja yang sehari-hari harus tetap aktif baik di ruangan maupun di luar ruangan.

Berikut ini tipsnya:

  1. Tidak menggunakan high heels. Sepatu berhak tinggi bumil sebaiknya dilemarikan dulu selama beberapa waktu ya, karena bukan hanya secara medis tidak baik untuk digunakan, salah-salah menggunakan sepatu berhak tinggi bisa membahayakan keselamatan janin dan ibunya.
  2. Tidak menggunakan rok/celana yang ketat. Saat ini ada banyak pakaian kantor yang nyaman untuk bumil. Atau jika ingin menggunakan pakaian biasa, bumil bisa memastikan pakaian tersebut tidal terlalu ketat sehingga dapat menyakiti bumil sendiri.
  3. Tidak membawa tas yang berat. Jika diperlukan bumil bisa meminta tolong orang lain untuk membawakan tas tersebut ya!

Itu dia sefruit tips bagi bumil untuk berpakaian nyaman saat menjalani kehamilan. Semoga kehamilan bumil bisa lancar hingga persalinan. Dan ibu, ayah, serta bayi selamat dan sehat sentausa. Aamiin

Baca juga: Alasan Bersekolah di SMP Islam Adalah Pilihan Terbaik

Tinggalkan Balasan