Tips Membuka Usaha fotocopy

Tips Memulai Usaha Fotocopy Untuk Pemula di Tahun 2022

Ekonomi

Usaha fotocopy tidak pernah absen di semua kawasan di indonesia, dari pelosok desa sampai pusat kota. Ini disebabkan karena kantor pemerintah, swasta, dan sekolah jarang ada yang menganggarkan pembelian mesin fotocopy.

Keadaan tersebut haruslah dilihat sebagai peluang yang harus segera ditangkap, karena kita hidup di indonesia yang mana walaupun semua sudah serba digital namun tetap saja kita butuh untuk memfotocopy dokumen.

Mau ngurus akta kelahiran sampai akta kematian mutlak dimintai fotocopy. Nah.. kebutuhan orang banyak ini bisa jadi calon income bagi yang sedang mencari peluang bisnis yang cocok. Jika tertarik, silahkan scroll sampai bawah..

Baca Juga: Kenapa Perlu Beternak Saham PT Mayora di Tahun 2021?

Hal yang harus dipersiapkan sebelum membuka usaha fotocopy

Setiap kesuksesan pastilah membutuhkan pengorbanan di awal dan berikut adalah hal yang perlu anda siapkan untuk memulai bisnis fotocopy.

Kita harus sepakat bahwa kita tidak bisa hanya mengandalkan panca indera saja seperti ketika bekerja pada perusahaan orang lain atau kantor pemerintahan.

Untuk membuka usaha sendiri mutlak butuh modal yang bisa didapatkan dari tabungan, pinjaman keluarga, menjual aset, atau kredit usaha rakyat (KUR).

Sangat tidak disarankan untuk mengambil pinjaman jangka pendek seperti pinjaman online untuk membiayai usaha karena dikhawatirkan omset diawal usaha tidak dapat menutupi setoran dan bunganya.

Lokasi

Memilih lokasi adalah hal yang krusial. Sewalah ruko yang dekat dengan sekolah, pusat bisnis, pusat perkantoran swasta dan pemerintahan, universitas.

Membuka usaha fotocopy di rumah sendiri tidak masalah selama rumah anda memang dekat dengan hal-hal yang kami sebutkan di atas.

Saran bagi yang menyewa ruko usahakan untuk menyewa minimal 3 tahun, 5 tahun, atau sepanjang yang anda mampu jika lokasi tersebut dirasa sangat potensial.

Sebab banyak kasus dimana harga sewa dinaikkan 2-3 kali lipat ketika bisnis terlihat ramai.


Peralatan Wajib Usaha Fotocopy

Jika sudah mendapatkan modal dan menyewa lokasi yang cocok. Saatnya berburu peralatan tempur. Di bawah ini adalah alat-alat yang anda perlu beli.

Mesin Fotocopy

Namanya juga usaha fotocopy wajib punya mesinnya dong.. Mesin fotocopy ada yang monochrome dan ada juga mesin fotocopy warna.

Jika punya budget lebih tidak ada salahnya membeli mesin fotocopy warna juga karena cuan yang akan didapatkan jauh lebih besar.

Usahakan pula membeli mesin fotocopy yang baru karena kita tidak pernah benar-benar tahu kondisi mesin fotocopy tersebut selama ditangan orang.

Untuk tips membeli mesin fotocopy bekas, silahkan cari di youtube, disana banyak review-review dan tips dari orang-orang berpengalaman yang bisa menambah wawasan anda tentang mesin fotocopy.

Papan Nama Usaha

Sangat penting untuk memiliki nama dan membuatkan papan nama sebesar mungkin karena dua alasan berikut. Pertama untuk menarik perhatian calon pelanggan yang sedang berlalu lalang di jalan raya.

Kedua, ketika anda harus pindah lokasi sementara anda memiliki pelanggan setia maka akan sangat gampang untuk menemukan anda kembali terlebih jika anda daftarkan bisnis anda di google maps dan google my business.

Siapkan brandmu dari sekarang!

Etalase Kaca

Membeli etalase ini memang terdengar dan terlihat sangat template, tapi barang ini memang sangat berguna untuk mencari pendapatan selain dari jasa fotocopy.

Anda bisa memajang berbagai jenis ATK yang biasanya dibutuhkan juga oleh orang-orang yang sedang menyalin dokumennya.

Alat Pemotong Kertas

Jangan pernah membeli Mesin potong kertas dengan merek sembarangan dan murah yang belum teruji. Sebab Pemotong kertas yang murah bisa merusak dokumen dan menimbulkan kerugian materil dan imateril bagi anda.

Komputer

Tidak perlu saya jelaskan panjang lebar mengenai barang yang satu ini. Karena kegunaannya dalam menghasilkan duit terlalu banyak.

Internet

Internet adalah nyawa kedua bagi komputer dan gadget seperti smartphone dan wajib ada di tempat usaha percetakan.

Selain itu free wifi dapat menjadi nilai tambah usaha anda, ini bisa membuat pelanggan anda tetap bertahan meskipun banyak antrian.

Mesin Laminating

Sangat sering kita temui orang yang memfotocopy dokumen juga menginginkan keamanan dalam bentuk laminasi. Jadi jangan abaikan salah satu peluang tambahan ini.

Printer

Printer ini sangat dibutuhkan untuk mengembangkan usaha fotocopy yang akan saya bahas pada sub judul berikutnya.


Mengembangkan Usaha Fotocopy

Kembangkan terus sayap usahamu agar semakin banyak orang yang bisa anda pekerjakan dan semakin banyak orang yang bisa menafkahi keluarganya atas jasa anda.

Ada beberapa contoh pengembangan usaha fotocopy yang masih sangat berhubungan dengan dunia percetakan.

Kombinasikan dengan penjualan ATK

Inilah alasan kenapa saya sangat menekankan untuk membeli etalase kaca. Cobalah keliling di semua tempat fotocopy dan amati pengguna jasanya!

Anda pasti akan menemui bahwa rata-rata mereka yang fotocopy dokumen juga membeli ATK seperti Map, meterai, binder, pulpen, spidol, stabilo, dll.

Kombinasikan dengan cetak foto dan Print Dokumen

Untuk membuka cetak foto ini anda hanya butuh sebuah printer yang sudah saya sarankan untuk dibeli di awal karena barang satu ini memang salah satu magnet uang yang kuat.

Jika dana tersedia, belilah juga sebuah kamera yang tak perlu mahal, cukup untuk kebutuhan menangkap gambar pas foto.

Namun tanpa kamera pun anda tetap bisa menyediakan jasa cetak foto karena biasanya client sudah memiliki file fotonya sendiri.

Menganggarkan biaya promosi

Meski usaha telah berjalan dengan baik jangan lupa untuk selalu mengganggarkan biaya promosi. Karena sesungguhnya biaya promosi adalah biaya produksi pokok.

Anda perlu menyasar orang-orang yang belum sempat mencicipi layanan terbaik anda.

Baca Juga: Media Branding & Promosi Termurah di Dunia Maya

Memperluas Jaringan dan kenalan

Silaturrahmi memang memperlancar rezeki dan memperpanjang umur. Carilah teman sebanyak-banyaknya namun jangan niatkan mencari teman hanya untuk kepentingan bisnis semata.


cewek cantik punya usaha fotocopy

Hal penting yang perlu diperhatikan dalam usaha fotocopy

Ada aspek-aspek non teknis yang perlu diperhatikan untuk kelangsungan bisnis seperti:

Selalu menyapa pelanggan dengan ramah dan senyum

Orang bisa saja mencari tempat fotocopy yang lokasinya lebih jauh dan tarifnya lebih mahal dari tempat anda jika mereka merasa tidak nyaman, dijutekin, dikacangin, dan sebagainya.

Karena mayoritas kita membeli produk atau jasa lebih atas dasar emosional ketimbang logika.

Mempertahankan Kualitas

Sekali orang kecewa dengan kualitas, kemungkinan mereka untuk kembali sangat tipis. Jika biaya produksi meningkat tidak masalah untuk menaikkan harga dan mempermaklumkannya kepada pelanggan.

Menekan biaya produksi dengan mengorbankan kualitas adalah hal yang memberi pengalaman dan kenangan buruk bagi pelanggan setia usaha fotocopy anda.

Pembukuan

Sebagai UMKM tidak ada salahnya meniru apa yang dilakukan perusahaan-perusahaan besar salah satunya adalah pembukuan.

Pembukuan tidak mesti rumit dan sesempurna enterprise. Pelajari dulu pembukuan sederhana dan terapkan, ketika sudah terbiasa pembukuannya bisa diupgrade sedikiti demi sedikit.

Anda juga bisa memanfaatkan gadget anda untuk mengelola pembukuan. Karena baik di android atau iphone telah banyak beredar aplikasi pembukuan usaha yang mudah digunakan dengan segudang fitur.

Aplikasi tersebut ada yang bisa didapatkan secara gratis dan berbayar.

Baca Juga: Cara Membuat UMKM Rasa Startup Unicorn

Semoga dengan membaca artikel ini, anda menjadi siap untuk membuka usaha fotocopy. Semoga tuhan melancarkan rezeki anda..


Tinggalkan Balasan