Uang dan Fungsinya

Artikel, Ekonomi, Non Fiksi

Uang dan Fungsinya

Dalam pengertian ekonomi moderen, uang merupakan alat pembayaran yang digunakan untuk membeli barang atau jasa. Sebagai alat pembayaran tentunya uang memiliki bentuk sekaligus satuan tertentu yang dianggap setara untuk digunakan sebagai alat pembayaran. Karena itu bukan hanya di Indonesia, disemua negara di dunia, uang memiliki beberapa jenis dan juga satuan tertentu yang juga memiliki beragam fungsi dalam kehidupan ekonomi.

Fungsi uang

Sebagai alat pembayaran uang memiliki beberapa fungsi pokok. Fungsi pokok uang adalah untuk memudahkan terjadinya pertukaran barang dan jasa sekaligus untuk mempersingkat waktu terjadinya sebuah perdagangan. Selain memiliki fungsi pokok, uang juga memiliki fungsi asli yakni sebagai satuan nilai dan sebagai alat tukar. Sebagai satuan nilai uang digunakan sebagai satuan untuk mengukur nilai barang dan jasa. Sementara sebagai alat tukar uang digunakan sebagai alat untuk memudahkan pertukaran yang terjadi.

Selain memiliki fungsi pokok dan fungsi asli, uang juga memiliki fungsi turunan yang terdiri dari sebagai alat pembayaran yang sah dan alat untuk menyimpan kekayaan. Fungsi turunan uang lainnya adalah untuk mendorong kegiatan ekonomi yang biasanya jumlah uang semakin meningkat jika kegiatan ekonomi juga meningkat.

Jenis-jenis uang

Uang yang selama ini beredar dibedakan menjadi dua berdasarkan yang mengeluarkan yakni uang kartal dan uang giral. Uang kartal adalah uang yang digunakan untuk pembayaran sah dalm kegiatan jual beli yang dilakukan masyarakat. Sementara uang giral adalah uang yang berada dalam bentuk simpanan berupa deposito yang biasanya dapat ditarik sewaktu-waktu sesuai ketentuan pihak penyimpan deposito.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *