Wadu Natanda Rahi

Buku, Resensi

Wadu Natanda Rahi

RESENSI NOVEL
IDENTITAS BUKU
Judul Novel : Wadu Natanda Rahi
Penulis : Ruslan Muhammad atau Alan Malingi
Penerbit : CV.MAHANI PERSADA
Tahun Terbit : 2007
Tebal : 273 halaman
Gambar :

SINOPSIS
La Nguru lahir di ujung timur pulau Sumbawa dan dilahirkan dari rahim seorang Ina Male. Wanita anggun yang tidak pernah mengenal menyerah. Sabar dan setia mendampingi seorang Ompu Nggaro. Lelaki perkasa yang legam oleh terik matahari. Dengan penuh ketabahan serta kasih sayang, Ompu Nggaro dan Ina Male membesarkan La Nguru. La Nguru dari sejak kecil terbiasa terbiasa diajaran untuk hidup penuh perjuang hidup dan tidak bermalas-malasan.
Ayah La Nguru, Ompu Nggaro adalah sosok yang dihormati dan dikagumi oleh segenap masarakat dikampung. Iya dikenal sebagai punggawa yang bijak.. Ompu Nggaro dan Ina Male selalu menasehati La Nguru dengan falsafah hidup Dou Mbojo yaitu Maja Labo Dahu (Malu dan takut pada tuhan. Malu dan takut untuk melakukan hal-hal yang bertentangan adat-adat, moral dan etik). La Nguru pertama merasakan jatuh cinta pada seorang gadis yang bernama La Nggini yang di besarkan oleh La Wila dan La Mpodi Roko, karna sejak kecik dia telah yatim piayatu.
Lambat laun La Ngusu menyimpan rasa pada La Nggini dan sebaliknya. Tapi cinta dua insane tidak bejalan mulus, karna diuji dengan permasalahan hidup maupun permasalahan social. Tapi cinta mereka lulus dari ujian itu, dan akirnya mereka menikah dengan adat embojo atau bima. Akan tetapi permasalahan muncul besar dan puncak ketika setelah menikah, ketika La Ngusu pergi merantau dan tidak ada kabarnya selama bebera tahu di ikuti dengan kematian orang-orang tercinta nya. Dan waktunya tiba langit bima bergemuruh bagai dikutuk.
UNSURE INTRINSIK NOVEL
A. TEMA
KESETIAAN
B. TOKOH
a. Tokoh Utama : La Nggini
b. Tokoh Kedua : La Nguru
c. Tokoh Pembantu : Ompu Nggaro, Ina Male, La Wila La Mpodi Roko

C. PENOKOHAN
a. La Nguru
Bersipat perotagonis
b. La Nggini
Bersipat perotagonis
c. Ompu Nggaro
Bersipat perotagonis
d. Ina Male,
Bersipat perotagonis
e. La Wila
Bersipat perotagonis

D. SUDUT PANDANG
Sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang orang pertama serba tau.
E. ALUR
Alur yang di gunakan adalah alur maju.
F. AMANAT
Amanat yang tersirat dalam novel Wadu Natanda Rahi ini adalah selalu setia dan yakin pada pasangan di cinta.

KELEBIHAN NOVEL
Kelebihan dalam novel ini adalah pembaca akan lebih tau mengeni adat istiadat suku bima. Selain itu novel ini menyajikan lagenda yang berkembang di bima dan dapat ceritanya dapat berkembang ke nusantara.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *