Wisata Desa Sade Sebagai Bagian dari Pengembangan Ekonomi Daerah

Asal Tulis, Kepenulisan, Non Fiksi, Opini

Wisata Desa Sade Sebagai Bagian dari Pengembangan Ekonomi Daerah

Pengembangan wisata desa Sade merupakan bagian dari pengembangan ekonomi daerah. Hal ini terbukti dari dijadikannya desa Sade sebagai desa wisata oleh Dinas Pariwisata setempat. Dijadikannya desa Sade sebagai desa wisata bukanlah tanpa sebab. Hal ini karena Desa Sade memiliki keunikan tersendiri bukan hanya dari suku sasak penghuninya, namun juga karena mengekspos keindahan alam, dan potensi lain seperti kerajinan yang berupa kain tenun songket, kuliner dan berbagai hal lain yang menunjang kemajuan desa tersebut sehingga layak menjadi sebuah objek yang menarik untuk dikunjungi.

Selain itu keunikan lainnya adalah Penduduk Desa Sade di Rembitan, Lombok Tengah ini masih berpegang teguh menjaga keaslian desa. Hal itu bisa dilihat dari bangunan rumah yang terkesan masih sangat tradisional dengan atapnya dari ijuk, tembok dari anyaman bambu, dan langsung beralaskan tanah.

Untuk Pengembangan wisata desa Sade, selain pemerintah masyarakat juga mempunyai peranan penting dalam menunjang pembangunan pariwisata daerah sebagai komponen utama dalam pembangunan pariwisata berbasis masyarakat tersebut. Hal ini ditunjukkan pada UU No. 9 tahun 1990 tentang Kepariwisataan menyatakan bahwa masyarakat memiliki kesempatan yang sama dan seluas-luasnya untuk berperan serta dalam penyelenggaraan kepariwisataan. Peran serta masyarakat dalam memelihara sumber daya alam dan budaya yang dimiliki merupakan andil yang besar dan berpotensi menjadi daya tarik wisata.

Harus diakui usaha-usaha pengembangan pariwisata yang berorientasi pada masyarakat lokal masih minim. Hal ini dikarenakan masyarakat tidak memiliki kemampuan secara finansial dan keahlian yang berkualitas untuk mengelolan atau terlibat langsung dalam kegiatan pariwisata yang berbasiskan alam dan budaya.
Sehingga perlu partisipasi aktif masyarakat untuk menjadi tuan rumah yang baik, menyediakan sesuatu yang terbaik sesuai kemampuan, ikut menjaga keamanan, ketenteraman, keindahan, kebersihan lingkungan dan mampu memberikan kenangan dan kesan yang baik bagi wisatawan yang berkunjung.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *